search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
image
Kamis, 21 April 2022, 22:50 WITA Follow

BERITAKARANGASEM.COM, KARANGASEM.

Para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berasal dari berbagai belahan dunia kabarnya diagendakan untuk mengunjungi sejumlah destinasi pariwisata di Bali termasuk yang ada di Gumi Lahar.

Kebenaran kabar tersebut tentunya sangat dinanti oleh pelaku pariwisata di Karangasem terlebih beberapa waktu yang lalu sekitar bulan Januari 2022, salah satu dari exscursion dalam agenda G20 di Bali, sempat mengunjungi beberapa destinasi wisata di Karangasem seperti Lempuyang, Tirta Gangga, Puri Karangasem dan Taman Ujung

Seperti diutarakan Ketua Pengelola Taman Tirta Gangga, A.A Made Kosalya misalnya, saat ditanya terkait kabar kunjungan tentang delegasi KTT G20 tersebut, ia berharap apabila hal itu

benar - benar terlaksana sesuai dengan rencana terdahulu tentunya akan sangat bersyukur.

Bagi Kosalya, kedatangan para delegasi dari berbagai belahan dunia tersebut tentunya akan membawa dampak yang luar biasa untuk kebangkitan pariwisata di Bali Timur terutama akan memberikan semangat kebangkitan untuk obyek wisata lainnya di karangasem yang baru tumbuh dan berkembang.

"Apalagi Taman Tirta Gangga menjadi salah satu barometer pariwisata di Karangasem. Dan ini sudah terbukti bahwa Taman Tirta Gangga dari hasil survey Tripadvisor menduduki rangking no 2 Landmarks Indonesia yang paling diminati untuk dikunjungi setelah Candi Borobudur," ujar Kosalnya saat dihubungi, Kamis (21/4/2022). 

Sementara itu, Kadisbudpar Karangasem, Wayan Astika mengatakan bahwa sebelumnya Disbudpar Karangasem yang memfasilitasi kunjungan ke sejumlah ODTW tersebut. Nantinya setelah kunjungan penjajagan selanjutnya barulah akan diagendakan secara formal untuk kunjungan ke objek wisata di Karangasem.

"Beberapa Destinasi unggulan di Karangasem sudah dipersiapkan, bersamaan dengan masa Pandemi Covid-19 para pengelola DTW tersebut berbenah untuk mempersiapkan yang terbaik bagi kunjungan para wisatawan tersebut," kata  Astika

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi dan assesmen kepada pemilik usaha pariwisata untuk bisa memenuhi persyaratan seperti protokol tatanan kehidupan baru dalam bidang Pariwisata yang dikenal dengan sertifikat CHSE bersamaan dengan telah dibukanya penerbangan internasional Airport I Gusti Ngurah Rai.

"Dengan hajatan besar G20 tentu pemerintah berharap dapat memberikan nilai positif peningkatan ekonomi dan pembangunan pariwisata melalui peningkatan kunjungan dan lama tinggal para wisatawan di wilayah Kabupaten Karangasem, sehingga akan dapat memberikan side efek yang positif bagi perkembangan perekonomian berbagai aspek," harap Astika. 

Disamping itu pemerintah juga melalui Disbudpar melakukan promosi melalui media sosial dan telah menyiapkan calendar of event dalam tahun 2022. Diharapkan kepada asosiasi pariwisata dan pelaku pariwisata dapat ikut mempromosikan agenda kegiatan seni budaya dan lainnya kepada para wisatawan melalui media marketing masing masing.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritakarangasem.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Karangasem.
Ikuti kami