search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
image
Selasa, 6 Februari 2024, 11:30 WITA Follow

BERITAKARANGASEM.COM, KARANGASEM.

Puluhan teknisi perwakilan dari empat Dinas Perhubungan di Provinsi Bali mengikuti pelatihan tentang perawatan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) LED Siklon yang dipusatkan di Aula Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem pagi ini, Selasa (6/2/2024).

Kepala Dinas Perhubungan Karangasem, Cokorda Surya Darma mengungkapkan, pelatihan ini terselenggara berkat kerja sama antara Dishub dengan pihak rekanan penyedia lampu LED Siklon yaitu PT. Catur Mukti.

"Pelatihan hari ini diikuti oleh 4 kabupaten, diantaranya, Kabupaten Buleleng, Tabanan, Denpasar dan Karangasem, untuk teknisi dari Diahub Karangasem yang ikut pelatihan ada sekitar 25 orang," jelas Cokorda Surya Darma.

Menurutnya, kegiatan pelatihan ini dipandang sangat penting bagi para teknisi terlebih Karangasem saat ini secara bertahap beralih ke lampu LED sehingga harus didukung pula dengan peningkatkan kualitas SDM untuk penanganan apabila terjadi kendala dikemudian hari.

Tak hanya sekedar pelatihan, para teknisi ini juga diberikan pengetahuan tentang bagaimana cara untuk melakukan perawatan maupun perbaikan setiap komponen yang ada pada lampu LED tersebut. Setelah pelatihan, para peserta juga diberikan sertifikat sebagai bukti yang menyatakan bahwa teknisi tersebut memiliki keahlian untuk memperbaiki LPJU LED. 

"Dengan pemberian sertifikat pelatihan ini jadi para teknisi ini bukan abal-abal, karena mereka diakui memiliki kemampuan sesuai dengan standar yang dimiliki di bidang itu lewat penghargaan yang diberikan tersebut, selain itu lewat pelatihan bersama ini para teknisi bisa saling berkoordinasi dengan Dishub dari Kabupaten lain di Bali," ujarnya.

Sementara itu, Sesar Arya Revan Diarta selaku Marketing Regional Wilayah Timur PT. Catur Mukti yang hadir sebagai pemateri mengatakan, Karangasem merupakan salah satu user terlama yang ada di Bali, pelatihan seperti ini memang rutin digelar untuk meningkatkan kapasitas teknisi yang ada di Dinas Perhubungan mengingat pihaknya memberikan garansi terhadap produk yang diberikan hingga 6 tahun lamanya. 

"Terakhir kami memberikan pelatihan sekitar tahun 2019, ini sudah menjadi acara rutinitas untuk meningkatkan kemampuan teknisi Dishub karena kami juga memberikan garansi terhadap produk kami 24 penuh selama 6 tahun," kata Arya.

Selama pelatihan, para teknisi berikan pengetahuan mendetail soal lampu LED dengan tujuan agar mereka nantinya mengetahui bagaimana penyelesaian atau penanganannya jika terjadi masalah. Disamping memberikan garansi, pihaknya juga memberikan suku cadang untuk memgantisipasi adanya kerusakan. 

"Lampu LED jauh lebih efisien daripada penggunaan lampu konfensional. Jika dibandingkan, antara lapu konfensional dengan 120 wat setara dengan cahaya lampu LED 40 wat. Oleh karena itu lampu LED jauh lebih hemat enegri dan ramah lingkungan," terang Arya.

Editor: Robby Patria

Reporter: Humas Karangasem



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritakarangasem.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Karangasem.
Ikuti kami