News

Akses Jalan ke Pura Batumadeg dan Pura Peninjauan Jebol

 Senin, 03 Januari 2022, 18:45 WITA

beritabali/ist/Akses Jalan ke Pura Batu Madeng dan Pura Peninjauan Jebol.

IKUTI BERITAKARANGASEM.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritakarangasem.com, Karangasem. 

Hujan deras yang turun di wilayah Kabupaten Karangasem menyebabkan ruas jalan menuju Pura Batumadeg - Pura Peninjauan, Besakih, jebol tergerus air hujan. 

Jebolnya ruas jalan di jalur tersebut ditinjau langsung oleh Sekda Kabupaten Karangasem, I Ketut Sedana Merta pada, Senin (3/01/2022) yang didampingi langsung oleh Kadis PUPR, Kabag Ekonomi, BPBD dan Camat Rendang. 

Kadis PUPR Perkim, Ir. Wedasmara menjelaskan, penyebab kerusakan badan jalan tersebut di samping karena tingginya curah hujan yang turun beberapa hari terakhir ini juga disebabkan drainase yang kurang baik sehingga membuat aliran air hujan tidak mengalir secara baik.

"Untuk tindak lanjut sementara, jangka pendek akan dibuatkan senderan dari karung tanah dan krikil, agar kerusakan tidak melebar, dan memperparah jebolannya, " ujarnya. 

Selain itu, untuk mengantisipasi aliran air yang berlebih dari Padharman Sangging akan dibuatkan sodetan di atas untuk membagi aliran air yang turun dimana sebagian diarahkan ke utara. 

Pihak PU sendiri bersama BPBD dan warga sekitar akan melakukan pembersihan drainase dari lokasi jebolan sampai hilir sungai untuk mengurangi tekanan aliran air agar tidak memperparah kerusakan jalan. 

Sementara itu, Sekda Kabupaten Karangasem, I Ketut Sedana Merta mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR Karangasem agar senderan ruas jalan yang jebol dapat ditanggulangi sementara, mengingat APBD baru berjalan.

Ia juga sudah menugaskan BPBD Kabupaten Karangasem untuk “standby” dalam kondisi cuaca seperti saat ini.

“Anggaran APBD baru berjalan, keterbatasan anggaran membuat pemerintah belum bisa berbuat banyak. Mudah - mudahan dengan beberapa kiat-kiat pimpinan, eksekutif dan legisatif, dapat mengantisipasi anggaran untuk bencana-bencana yang terjadi di musim penghujan seperti saat ini,” kata Sedana Merta. 

Ia berharap jalan dan tanggul bisa segera diperbaiki. Karena jika tidak ditangani segera, maka akan dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah lagi apabila turun hujan deras lagi di wilayah tersebut.

Penulis : bbn/tim







Hasil Polling Calon Bupati Karangasem 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending Terhangat

Beritabali.TV