News

Bersihkan Saluran Drainase, PU Karangasem Turunkan Alat Berat

 Senin, 23 Mei 2022, 17:40 WITA

beritakarangasem.com

IKUTI BERITAKARANGASEM.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritakarangasem.com, Karangasem. 

Dinas PUPR dan Perkim Karangasem menurunkan alat berat untuk membersihkan sumbatan yang mengendap di saluran drainase perkotaan yang ada di kawasan jalan Untung Surapati, Amlapura pada Senin (23/5/2022).


Hal itu dilakukan sebagai tindakan jangka pendek untuk mengembalikan saluran air yang sempat tersumbat bebatuan hingga menyebabkan terjadinya luapan air saat turun hujan hingga menerjang kawasan perumahan yang ada di wilayah Gang Beji beberapa waktu lalu.

Kabid Cipta Karya, Ketut Prama Budarta mengatakan, proses pengerjaan normalisasi jangka pendek berupa pembersihan sumbatan drainase hari ini mulai dikerjakan dengan melibatkan aral berat. 

"Ini untuk tindakan jangka pendek membersihkan sumbatan dengan harapan aliran air bisa lancar dan mengurangi debit air yang meluap ke

Baca juga:
Pembersihan Material Longsor di Temukus Terkendala Cuaca

pemukiman warga di Gang Beji saat hujan turun," ujar Prama Budarta. 

Meski sudah mendapat penanganan, namun menurut Budarta kemungkinan banjir masih bisa terjadi apabila turun hujan lebat. Hanya saja dengan adanya pembersihan sumbatan tersebut ia berharap debit air yang meluap tidak sebesar yang terjadi sebelumnya di Gang Beji. 

"Kemungkinan kalau turun hujan deras akan terjadi banjir lagi, tetapi debit airnya tidak sebesar sebelumnya karena sumbatan sudah dibersihkan," terangnya. 

Selanjutnya, untuk penanganan jangka menengah hingga jangka panjang pihaknya meminta warga agar bersabar karena sejauh ini sudah ada perintah dari Bupati Karangasem untuk melakukan penanganan lebih lanjut terkait dengan kondisi drainase yang sempat menyebabkan meluapnya aliran air hujan dan membanjir pemukiman warga di Gang Beji.

Penulis : bbn/net