News

Mengenal Tradisi Bali Lewat Samsara Living Museum

 Kamis, 10 Februari 2022

bbn/inews.id/Mengenal Tradisi Bali Lewat Samsara Living Museum

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

www.beritakarangasem.com, Karangasem

 

Budaya dan kesenian Bali menghadirkan berbagai ide cemerlang yang bisa tarik banyak perhatian. Salah satunya adalah Samsara Living Museum yang berada di Karangasem.

konsep museum ini hadir berawal dari keprihatinan modernisasi yang menggerus adat dan budaya Bali. Apalagi kini jarang dipahami terutama oleh generasi muda.

Museum Kehidupan Samsara adalah salah satu dari pengejawantahan Museum Kehidupan Karangasem yang mengangkat tema tentang siklus hidup manusia Bali. Dimulai dari berbagai nilai serta tradisi yang melekat sejak bayi berada di dalam kandungan, kemudian lahir ke dunia, hidup dan mati bahkan hingga menyatu dengan Ida Sanghyang Widhi Wasa dan tercapainya kesempurnaan. 

Konsep Museum Samsara adalah merekontruksi rangkaian siklus kelahiran manusia Bali. Di mana semua dibingkai dalam ritual, sarana upakara. Dan pemaknaan di balik simbol-simbol tersebut menjadi informasi praktis yang dapat menjadi pengkayaan pengalaman.

Setidaknya ada 14 rentetan upacara Hindu yang disajikan dalam bentuk foto beserta penjelasan dan alatnya di dalam museum.


Halaman :



TAGS :