News

Tradisi Megibung Warga Muslim di Karangasem Saat Mulai Puasa

 Senin, 04 April 2022

beritabali/ist/Tradisi Megibung Warga Muslim di Karangasem Saat Mulai Puasa.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

www.beritakarangasem.com, Karangasem

Hari pertama menjalankan ibadah puasa, Minggu (3/4/2022) umat muslim di Banjar Dinas Saren Jawa, Desa Budakeling, Kecamatan Bebandem, Karangasem berbuka puasa bersama dengan cara "megibung".

Menurut salah seorang warga bernama Made Hasan, "megibung" memang sudah menjadi agenda rutin yang selalu dilaksanakan warga Banjar Saren Jawa pada saat berbuka di hari pertama menjalankan ibadah puasa.

"Megibung memang sudah rutin dilaksanakan pada saat buka puasa saat hari pertama, jadi sebelum melaksanakan sholat magrib kita buka puasa megibung bersama warga," tutur Made Hasan kepada media ini.

Sebelum megibung, masing - masing kepala keluarga warga muslim Banjar Saren Jawa membawa "Sagi" atau hidangan yang terdiri dari nasi dan berbagai jenis lauknya dalam satu nampan atau "nare" untuk dikumpulkan di Masjid setempat. 

Megibung versi warga Banjar Saren Jawa ini juga hampir sama dengan tradisi megibung pada budaya Bali, untuk satu "Sagi" atau hidangan lengkap dalam satu nampan akan dimakan bersama oleh 4 sampai 5 orang.    Hanya saja, yang sedikit membedakan yaitu pada menu lauknya saja, yang biasanya jika tradisi megibung identik dengan lawar, diganti dengan hidangan lainnya seperti Rendang, Opor, Sate Sapi dan menu daging ayam.



TAGS :