News

Hepatitis Akut, Dinkes Karangasem Minta Masyarakat Tidak Panik

 Sabtu, 07 Mei 2022, 09:00 WITA

beritakarangasem.com

IKUTI BERITAKARANGASEM.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritakarangasem.com, Karangasem. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, dr. I Gusti Bagus Putra Pertama mengimbau masyarakat Karangasem untuk selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta Gerakan Kesehatan Masyarakat (Germas).

Imbauan ini disampaikan sebagai upaya untuk mengantisipasi kasus Hepatitis misterius yang belakangan ini menjadi perhatian dari pemerintah pusat.

Meski demikian, di Kabupaten Karangasem sampai saat ini belum ada laporan terkait temuan kasus tersebut. Untuk itu, ia meminta kepada

masyarakat agar tidak panik secara berlebihan namun tetap meningkatkan kewaspadaan dengan menerapkan pola hidup sehat. 

"Sejauh ini belum ada laporan di Karangasem, jangan panik namun tetap waspada dengan mempraktekkan pola hidup sehat yaitu PHBS dan Germas," kata Putra Pertama saat dihubungi, Jumat (6/5/2022).

Menurutnya, jika berbicara tentang hepatitis akut, itu artinya ada peradangan di dalam hati, salah satunya bisa disebabkan karena adanya infeksi virus. Ia mengatakan virus tersebut bisa masuk ke dalam hati bisa melalui saluran cerna, bisa juga melalui peredaran darah. 

"Pencegahannya adalah jaga makanan atau minuman yang masuk melalui saluran cerna tetap 

sehat dan aman," terangnya. 

Sementara itu, untuk gejala utama dari penyakit Hepatitis itu sendiri yaitu kuning pada sklera mata, tangan dan bisa sampai seluruh tubuh. 

Ada pula gejala lainnya yang berhubungan dengan saluran pencernaan seperti mual, muntah, diare atau sembelit dan nyeri perut.

Penulis : bbn/net







Hasil Polling Calon Bupati Karangasem 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending Terhangat

Beritabali.TV